Strategi Kegiatan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Melalui Pojok Baca di Sekolah Dasar Keluarahan Rantau Indah

Authors

  • Muttaki Muttaki UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Author
  • Tria Sucierawati UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Author
  • Marlena Marlena UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Author
  • Indriyani Safitri UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Author
  • Rahmadani Rahmadani UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Author

Keywords:

pojok baca, literasi, minat baca

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah menginkatkan kemampuan minat baca anak melalui pojok baca. Permasalahan dalam penelitian ini yang dikaji terkait tentang kurangnya minat baca anak yang disebabkan karena kurangnya dorongan dari orang tua serta lingkungan sekitar. Selain itu fasilitas yang kurang memadai, kurangnya akses dan keberagaman bahan bacaan yang kurang menarik. Strategi dan pendekatan pojok baca akan digunakan untuk meningkatkan kegiatan literasi membaca di Sekolah Dasar Kelurahan Rantau Indah dengan mengimplementasikan melalui penyediaan buku yang menarik dan kegiatan literasi interaktif. metode yang digunkan adalah metose kualitatik dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasul menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam minat baca anak setelah mengikuti kegiatan pojok baca. Hal ini terlihat dari frekuensi membaca yang meningkat dan keterlibatan aktif anak dalam berbagai kegiatan literasi. Pengabdian ini menegaskan pentingnya fasilitas pojok baca dalam mendorong budaya baca dan menginkatkan kualitas pendidikan di komunitas.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Strategi Kegiatan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Melalui Pojok Baca di Sekolah Dasar Keluarahan Rantau Indah. (2025). BUANA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 21-29. https://buana.fah.uinjambi.ac.id/index.php/buana/article/view/4